44T

44T

Satu Kali Tiap Detik


Sobat yang berbahagia, dalam artikel ini saya akan bercerita tentang seorang pekerja pembuat jam. Suatu ketika ia membuat jam tangan mewah, dengan hiasan batu mulia dan dibuat dalam jumlah terbatas, yang tentu saja hanya ditujukan bagi orang kaya. Tentunya jam tangan tersebut harus tampil beda dan berkualitas tinggi.
Untuk itu, dalam proses pembuatannya, pembuat jam sangat cermat dan teliti merangkai setiap bagian jam. Selama dalam proses pembuatan jam itu, uniknya, pembuat jam ini dapat berbicara dengan jam yang dibuatnya.

Ketika mesin jam sudah terpasang dan mulai dicoba-hidupkan, ia bertanya kepada jam itu, "Hai jam, sanggupkah kamu bekerja berdetak sebanyak 31.536.000 kali dalam setahun?"
Jam tersebut merasa keberatan karena dia akan merasa tidak sanggup dengan beban pekerjaan yang begitu banyak.

Maka pembuat jam kembali menawarkan, "Bagaimana kalau sebanyak 2.592.000 kali dalam sebulan?”
Karena dirasa beban masih berat, jam masih menolak tawaran tersebut…
Pembuat jam menawarkan lagi, “Bagaimana kalau sebanyak 86.400 kali dalam sehari?".
Karena dirasa masih berat juga, jam tetap menolak hal tersebut.
Kembali pembuat jam menawar "Bagaimana kalau 3.600 kali dalam satu jam?". 
Jam masih saja merasa berat bila harus berdetak sebanyak itu dalam satu jam.

Akhirnya pembuat jam pun memberikan pilihan terakhir, "Bagaimana kalau satu kali saja tiap satu detik?"
Jam merasa, pilihan terakhir itulah yang paling memungkinkan dan tidak akan membuatnya terlalu berat… Jam itupun kemudian menyanggupinya.
Setelah terjadi kesepakatan antara pembuat jam dengan jam tersebut, akhirnya proses pembuatan jam dilakukan hingga selesai dan jam siap dijual.

Dalam proses perjalanan waktu, setiap detik jam itu berdetak satu kali dan tanpa disadarinya dalam setahun ia telah berdetak sebanyak 31.536.000 kali. 
Dia bisa mengerjalan sesuatu yang sebelumnya diyakini tidak akan mungkin dilakukannya karena sugesti terlalu banyak dan terlalu berat…

Sobat yang berbahagia, demikian pula dalam proses kerja kita…
Kita tidak mungkin langsung bisa melakukan pekerjaan yang banyak, kompleks dan menyeluruh dalam waktu yang bersamaan…
Ketika setiap kita dihadapkan pada target pekerjaan, hal pertama yang harus kita lakukan tentunya mem-break down target tersebut, kemudian menyusun tahapan pekerjaan dan batas waktu, seterusnya menetapkan skala prioritas, selanjutnya melakukan evaluasi sejauh mana target tersebut telah direalisasikan dan yang terakhir adalah melakukan perbaikan proses kerja sehingga realisasi target dapat lebih optimal.
  
Kuncinya hanya satu Sobat : kita harus melangkah satu demi satu, setiap jam, setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan. Hal itulah yang akan merangkai semua hasil kerja, tanpa kita harus merasa berat !!!

Kalau Sobat tidak sanggup melakukan pekerjaan untuk target satu tahun, maka buatlah rencana pekerjaan untuk satu bulan dan lakukan itu dengan sungguh-sungguh.
Kalau hal itu masih dirasa berat, cobalah untuk mengerjakan pekerjaan Sobat pada hari ini dengan sebaik-baiknya dan lakukan lagi pada keesokan harinya. Upayakan setiap hari ada hal baru, ilmu baru dan cara baru yang akan membuat pekerjaan tersebut menjadi lebih mudah, lebih cepat dan lebih berkualitas hasilnya…
Dengan demikian, Sobat akan melalui hari demi hari dan waktu demi waktu, yang kemudian dalam rangkaian waktu satu bulan atau bahkan satu tahun ke depan Sobat akan menunjukkan hasil dan peningkatan kinerja yang luar biasa, tanpa Sobat sadari dan tanpa merasakan berat, dengan kata kunci sederhana : Sobat hanya perlu bekerja sungguh-sungguh untuk hari ini saja.

Jangan pernah membayangkan target dan pekerjaan berat dalam waktu satu bulan atau satu tahun ke depan. 
Tetapi cobalah Sobat niatkan dan tekadkan untuk memberikan kontribusi kerja terbaik dan hasil kerja yang optimal untuk hari ini saja.
Begitu pula untuk hari esok, lusa, minggu depan atau bulan depan, niatkan dan terapkan hal yang sama… 
Niscaya Sobat akan berhasil pada waktunya.
Semoga bermanfaat yaa Sobat…
Salam sukses sehat semangat !!!

Subscribe to receive free email updates:

close