44T

44T

Saat Tepat Investasi Emas


Layanan investasi emas dalam kurun waktu 5 tahun terakhir menunjukkan peningkatan yang luar biasa...
Tidak hanya dari sisi nilai jual beli atau investasi yang ditransaksikan, namun juga dari pertumbuhan minat masyarakat yang mulai sadar emas !
Secara umum, investasi emas saat ini dapat direalisasikan melalui skema : pembelian tunai, pembelian cicilan, emas berjangka dan tabungan emas.
Pertanyaan yang sering mengemuka adalah kapan saat yang paling tepat untuk melakukan investasi emas?
Nach Sobat, berikut disampaikan tips untuk menjadi pertimbangan Sobat untuk memulai investasi emas...

Saat punya uang
Betuuuul Sobat, inilah saat paling tepat kapan Sobat harus mulai investasi emas. Sobat bisa menyisihkan berapapun bagian dari uang yang dimiliki untuk diinvestasikan dalam wujud emas.
Artinya, ketika semua kebutuhan sudah tercukupi, maka sisa uang yang ada langsung dimanfaatkan untuk investasi emas…
Atau dengan prinsip yang dibalik, yaitu dengan cara disiplin : setiap bulannya Sobat harus menyisihkan sekian bagian dari uang yang dimiliki untuk investasi emas !
Inilah cara terdahsyat yang akan memberi manfaat lebih di masa mendatang…
Mungkin saat punya uang, harga emas sedang tinggi atau naik, bagaimana bagusnya Sobat?
Beli atau tidak ? Jawaban saya : tetap harus beli Sobat !!!
Sobat harus berlaku sebagai gradual buyer… Harga naik beli, harga turun borong !!!
Karena dengan investasi atau menabung emas toch suatu saat nanti nilai emasnya adalah sama… 
Maksudnya begini Sobat : misalkan bulan lalu Sobat membeli emas dengan harga Rp 530.000 per gram, kemudian bulan ini membeli lagi dengan harga Rp 560.000 per gram, maka adanya selisih harga itu tidak akan terasa untuk jangka panjang ke depan…karena nilai emas yang sudah dibeli seminggu, sebulan, setahun atau 5 tahun lalu untuk masa mendatang akan mempunyai nilai yang setara.
Dalam jangka waktu tahunan, harga emas memang selalu berfluktuasi dan sulit diprediksi.
Solusinya adalah silakan Sobat mulai investasi emas dengan cara yang paling terjangkau dan memungkinkan, serta jangan dipaksakan !
Sebagai alternatif layanan investasi emas, saat ini Pegadaian dan Pegadaian Syariah sudah memiliki produk terkait dengan investasi emas, baik tunai, cicilan maupun tabungan.
Untuk investasi emas sistim cicilan akadnya adalah murabahah, yang bisa dicicil hingga 3 tahun dengan nilai cicilan tetap. Untuk produk tabungan emas, syaratnya mudah dan murah, dimana hanya mensyaratkan setoran minimal berkisar Rp 5 ribuan --- setara konversi berat emas 0,01 gram !
Tidak terlalu berat khan Sobat ?!

Saat harga emas rendah
Nach…ini sudah pasti menjadi pertimbangan utama bagi Sobat untuk mulai investasi emas !
Hukum ekonomi sudah pasti menjadi pertimbangan untuk mendapatkan selisih keuntungan dari harga beli dan harga jualnya.
Tapi ingat Sobat, untuk investasi emas jangan sekali-kali Sobat bertindak seperti spekulan, karena manfaat emas hanya akan didapatkan dalam jangka panjang.
Ketika Sobat hanya mengambil keuntungan sesaat alias melakukan spekulasi dalam jual beli emas, maka hanya akan memperoleh tingkat keuntungan sementara tanpa mendapat nilai manfaat di masa depan !
Satu hal yang terpenting Sobat, kita relatif susah memprediksi dan menentukan kapan harga emas akan sampai titik terendah atau kapan harga emas akan lebih turun lagi…
Begitu juga menganalisa dan menunggu kapan harga emas akan naik…
Terlalu banyak kondisi dan faktor ekonomi makro yang bukan bagian kita untuk memikirkannya Sobat… Hehehehe
Daripada terlalu banyak menganalisa, lebih baik Sobat menjadi gradual buyer saja yaaa… Harga emas naik tetap beli, harga emas turun saatnya borong !!!
Yang penting selama ada uang, sisihkan sebagian untuk investasi atau menabung emas. 
Itu saja kuncinya Sobat…

Saat punya rencana atau kebutuhan jangka panjang
Dalam kehidupan, pasti Sobat mempunyai rencana atau kebutuhan untuk masa depan, seperti misalnya : melaksanakan ibadah haji, memiliki rumah idaman, membeli mobil mewah, menabung untuk biaya pendidikan atau untuk motif berjaga-jaga di hari tua.
Itulah saat tepat bagi Sobat untuk memulai investasi atau menabung emas…
Sebagai sarana lindung nilai uang, emas sudah terbukti dan teruji selama ribuan tahun…
Ada sebuah kisah hadist, pada jaman Nabi Muhammad SAW, saat itu harga seekor domba adalah setara dengan 1 dinnar. 
Saat ini, ternyata uang 1 dinnar masih bisa digunakan untuk membeli 1 ekor kambing, karena kurs 1 dinnar berkisar Rp 2 juta-an.
Itu adalah manfaat emas sebagai lindung nilai uang yang sudah teruji selama 14 abad alias 1.400 tahun…
Kesimpulan yang dapat kita petik adalah : untuk masa mendatang emas akan tetap dapat dijadikan sebagai alat ukur untuk harga atau biaya !!!
Untuk membuktikan itu, caranya gampang Sobat : cermati biaya atau harga 5 tahun lalu dan catat harga emas saat itu. Kemudian konversikan atau setarakan nominal harga atau biaya saat itu dalam bentuk emas. Dapat berapa gram ?
Lalu bandingkan disaat ini... Apakah uang senilai tertentu di masa 5 tahun lalu itu masih dapat membeli harga barang atau membayar biaya yang sama untuk saat ini?
Kemudian cermati juga apakah konversi emas dengan berat sekian gram tadi, nilainya masih setara dengan harga atau biaya barang yang sama untuk saat ini?
Catatannya adalah, ketika kita menabung uang maka semakin lama nilai uang itu akan semakin menurun, sehingga tidak akan dapat mengejar laju kenaikan harga dan biaya...

Saat ingin hidup tenang

Maksud hidup tenang disini adalah terhindar dari sesuatu kondisi yang tidak pasti dan meragukan di masa depan. Dengan investasi atau menabung emas, kondisi  turunnya nilai uang tidak perlu dikhawatirkan, karena emas merupakan lindung nilai uang terbaik hingga saat ini. Selain itu, upaya untuk mewujudkan rencana atau kebutuhan di masa depan relatif mudah diwujudkan dengan emas, karena emas merupakan alat ukur harga atau biaya di masa depan yang relatif valid.

Demikian tips tentang saat tepat untuk mulai investasi emas yaa Sobat...
Semoga bermanfaat, teriring salam sukses sehat semangat !!! 

Mau tau tentang Tabungan Emas Pegadaian ?
Silahkan klik link dibawah ini :

Baca juga tentang : Mengapa Investasi Emas ?



Bonus !!!
Ebook karangan Ippho Santosa...
Silahkan klik link di bawah ini :
File : .pdf || Size : 571.98 KB


Ingin tahu lebih banyak tentang Ippho Santosa ? 
Klik link di bawah ini :  



Subscribe to receive free email updates:

close