44T

44T

Cara Mudah Perbanyak Jejaring !


Salah satu kunci sukses dalam dunia bisnis adalah memiliki jaringan kerja atau networking yang cukup luas. 
Namun, menjalin networking bukanlah hal yang mudah...
Bisa saja Sobat banyak memiliki hubungan dan relasi namun tak satupun yang menguntungkan. Sedangkan dalam bisnis, suatu hubungan sebisa mungkin haruslah menguntungkan.

Perlu Sobat catat, memperluas jaringan kerja itu tidak sekadar berkenalan, saling bertukar nomor telepon, minta alamat e-mail atau tukar-menukar kartu nama. 
Tapi lebih dari itu... sehingga untuk memperoleh networking yang baik, jelas memerlukan trik khusus. 
Bagaimana caranya ? 
Simak tips berikut yaa Sobat…

Luwes
Saat bertemu dengan banyak orang, di sebuah pertemuan misalnya, cobalah untuk bersikap luwes, tulus, ramah, namun tidak arogan dan tidak maksa. Sikap arogan dan kaku membuat orang lain malas mendekati dan mengenal Sobat.


Percaya diri
Orang yang memiliki kepercayaan diri yang cukup baik, umumnya lebih banyak relasinya. Kenapa? Karena kepercayaan diri membuat seseorang tidak ragu dan tidak takut dalam melakukan sesuatu yang penting. Ini merupakan hal penting dalam bisnis. Sobat yang selalu tampak ragu-ragu, minder dan nggak pede jangan harap bisa sukses dalam bisnis.

Punya pendapat
Agar orang-orang di sekitar Sobat percaya dengan eksistensi Sobat, pertama-tama bikin mereka respek dulu dengan Sobat. Caranya? Jadikan diri Sobat sebagai sosok yang well informed dan menguasai bahan pembicaraan lebih dari sekadar tahu apa yang tengah Sobat bicarakan. Sudut pSobatng Sobat boleh jadi berbeda dengan mereka, tapi setidaknya mereka tahu apa saja yang menjadi pemikiran Sobat.

Jangan kehilangan bahan pembicaraan
Sungguh tidak enak kalau nggak ada bahan pembicaraan sama sekali bukan?
Terlebih jika bertemu seseorang yang kayaknya bakal jadi salah satu kolega potensial.
Untuk itu Sobat perlu membekali diri dengan banyak membaca dan mengikuti informasi-informasi terbaru.


Siapkan lelucon
Humor atau lelucon diyakini dapat membuat orang lebih fresh.
Serius boleh aja tetapi nggak ada salahnya loh jika dalam pembicaraan Sobat menyisipkan humor-humor segar agar membuat lawan bicara nggak suntuk.
Tentu saja kejelian dan kepandaian Sobat membahas topik pembicaraan juga dibutuhkan.


Ikuti filosofi bunglon
Dalam memperluas jaringan, filosofi bunglon yang suka gonta-ganti warna itu bisa diartikan secara positif loh. 

Maksudnya, di setiap ajang pertemuan atau seminar misalnya, sangat baik jika Sobat mampu menjadi sosok yang mudah menyesuaikan diri.
Tapi ingat, jangan memaksakan diri untuk mengenal seluruh orang yang hadir.
Yang penting Sobat tau bahwa yang Sobat lakukan masih dalam batas kewajaran.
Pokoknya, jangan sampai nggak punya kenalan sama sekali sepulang dari acara pertemuan.


Jangan keseringan minta tolong
Konon salah satu kesalahan yang kerap dilakukan dalam pengelolaan jejaring adalah cerewet minta tolong begini dan begitu. 

Baru saja kenalan, kemudian karena terkait dengan bidang atau bisnis yang sejalan, kemudian dimanfaatkan untuk meminta bantuan ini dan itu.
Padahal, percaya deh orang lain sendiri pastinya akan lebih menghargai jika Sobat meminta informasi, ketimbang meminta tolong melakukan atau menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pekerjaan Sobat.

Carilah mentor
Berkenalan dan berguru dengan orang yang lebih berpengalaman adalah hal positif untuk menambah ilmu dan ketrampilan Sobat. Maka jangan ragu melakukannya, hasilnya akan sangat terasa bagi perkembangan kualitas Sobat yang akan berdampak pada lancarnya bisnis Sobat.


Jangan malas menjawab telepon
Sikap ogah-ogahan dalam menjawab telepon mengesankan Sobat pribadi yang tidak antusias. Hati-hati sikap ini bisa melenyapkan peluang bisnis yang sudah di depan mata. Soalnya, kalau Sobat ogah-ogahan menjawab telepon yang masuk, bisa-bisa rekanan Sobat pun kapok menelepon Sobat. Kalau begitu caranya bagaimana networking bisa bertambah?

Proaktif dan Konsisten
Jangan cuma pasrah menunggu sesuatu bakal terjadi, tapi berbuatlah sesuatu agar apa yang Sobat harapkan menjadi kenyataan. 
Misalnya, kalau Sobat ingin memperluas jaringan ya sering-seringlah datang ke acara pertemuan. Dari yang sifatnya santai seperti pesta hingga yang sedikit serius seperti seminar, misalnya. 

Selebihnya Sobat harus bisa menjaga jejaring dan hubungan baik yang telah terbina dengan baik. 
Intinya sederhana Sobat : perbanyak jejaring, eratkan silaturahim !

Salam sukses sehat semangat !



Subscribe to receive free email updates:

close