44T

44T

Mandi Benar, Badan Sehat & Bugar !

Umumnya, kebanyakan orang mandi dengan cara langsung mengguyur seluruh bagian badan...
Cara mandi seperti itu menimbulkan risiko terkena masuk angin, influenza dan akibat langsungnya badan menjadi terasa lemas (kurang fit).
Hal ini disebabkan adanya hawa panas tubuh yang “terperangkap” sehingga mengakibatkan keseimbangan suhu tubuh dengan lingkungan menjadi kurang baik dan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.
Berikut ini adalah cara mandi yang benar guna meningkatkan kesehatan dan kebugaran badan ;
  • Pertama-tama siram badan mulai dari ujung kaki hingga ke bagian lutut (bagian kanan dan kiri sekaligus).
  • Lalu menyiram air dari lutut hingga ke bagian perut 
  • Menyiram air mulai dari bagian perut hingga ke pundak
  • Menyiram air dari leher hingga ke bagian kepala. 
  • Setelah itu baru Sobat bisa dengan bebas menyiram seluruh badan.
Secara umum hendaknya kita mandi mulai dari bagian bawah terlebih dahulu, yang tujuannya agar hawa panas tubuh nantinya terangkat ke bagian atas tubuh, kemudian dapat dengan mudah dibuang  atau keluar melalui pori-pori tubuh dan juga indera mulut, hidung dan telinga. 

Ketika mandi menyiram perut dan dada maka akan merasakan dingin atau merinding, karena sedang bergeraknya hawa panas tubuh dari bagian bawah badan ke bagian atas. 
Dengan mandi menggunakan metode ini selama 3 bulan, insyaa Allah Sobat akan merasakan manfaat badan menjadi lebih segar dan bugar.

Tips lainnya untuk mandi yang benar dan sehat adalah ;
  • Mandi sebelum waktu Subuh (dini hari), karena disaat tersebut kandungan ozone dalam air cukup tinggi dan bermanfaat untuk  meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah dan menjaga kebugaran.
  • Jangan terlalu sering menggunakan air hangat, selain akibat buruk dapat mengeringkan kulit, air hangat juga menyebabkan proses penyesuaian suhu tubuh dengan keadaan lingkungan menjadi terganggu sehingga dapat menyebabkan tubuh terasa kurang fit. Air hangat juga memicu keluarnya minyak alami di pori-pori kulit sehingga membuat pembuluh darah halus bisa muncul di tubuh.
  • Disarankan mandi menggunakan gayung. Hal ini karena mandi menggunakan gayung akan membuat penyebaran air lebih merata ke seluruh tubuh, serta bisa lebih menghemat air bila dibandingkan dengan menggunakan shower. Selain itu dengan menggunakan gayung kita sekaligus telah melakukan olahraga ringan.
  • Hindari mandi setelah Maghrib dan pada malam hari, karena sangat berbahaya untuk kesehatan dan berpotensi “mengundang” berbagai penyakit, seperti rheumatik, paru-paru basah dan gangguan jantung. Disarankan mandi pada pagi dan sore hari. Apabila pada siang hari terasa sangat panas, maka Sobat bisa mandi ringan, tidak terlalu lama dan sesuai dengan tata cara urutan menyiram badan di atas.


Semoga bermanfaat yaa Sobat...
-------------------------------------
Baca juga :
- Manfaat & Keberkahan Hujan
- Waspadai Tekanan Darah Tinggi
- Waspadai Serangan Jantung


Subscribe to receive free email updates:

close