44T

44T

Jangan Sembarangan Berinvestasi !

Meningkatnya berbagai macam kebutuhan belakangan ini menyebabkan banyak orang yang mencari tambahan penghasilan, di luar penghasilan pokok mereka. 
Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi. 
Beragam cara bisa dilakukan sebagai langkah investasi... mulai investasi saham, reksadana, properti, emas, dan lain-lain.

Banyaknya pilihan investasi tak jarang membuat Sobat bingung memutuskan investasi apa yang paling tepat. 
Nah sebelum Sobat memutuskan investasi, ada beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan.
Yang jelas Sobat tidak bisa sembarangan berinvestasi, karena dalam investasi juga terkandung risiko yang berpotensi merugikan di kemudian hari....

Berikut ini adalah beberapa tips sebelum melakukan investasi:
  • Jangan menggunakan uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Artinya uang investasi tersebut harus merupakan uang sisa Sobat perbulan, yaitu total penghasilan dikurangi total pengeluaran. Sehingga bila terjadi risiko atau hal yang tidak diharapkan, keuangan Sobat tidak akan terganggu.
  • Jangan pernah memaksakan diri melakukan investasi dengan cara berhutang, apalagi dengan tingkat suku bunga pinjaman yang relatif besar. Perhitungkan tingkat pengembalian investasi dengan tingkat pengembalian hutang ditambah dengan potensi risiko yang harus Sobat tanggung.
  • Hindari berinvestasi di bidang yang tidak Sobat pahami. Jangan pernah tergoda dengan tingkat keuntungan investasi yang terkesan menggiurkan. Sebaiknya sebelum memutuskan, Sobat cari informasi selengkapnya mengenai investasi tersebut.
  • Meski menanamkan modal pada usaha milik teman baik, jangan lupa buat perjanjian tertulis. Ini adalah cara untuk mempertahankan diri saat terjadi tindak hukum dan menghindari hal-hal yang tak diinginkan.
  • Hindari investasi yang menjanjikan keuntungan melebihi rasionalitas, misalnya keuntungan 10% dalam jangka waktu satu bulan.
  • Bila tidak paham akan investasi tertentu, jangan mengambil keputusan sendiri. Berkonsultasilah kepada teman atau orang yang lebih memahami seluk beluk investasi. Bisa juga Sobat konsultasikan pada ahli keuangan.
  • Sadarilah bahwa investasi bukanlah usaha instan tetapi perlu usaha yang memerlukan waktu, kesabaran dan ketekunan untuk mendapatkan keuntungan.
  • Jangan sekalipun berinvestasi karena terpaksa, hanya ikut-ikutan teman atau sekedar ikut trend. Kalau Sobat melakukannya Sobat akan menyesal.
  • Investasi di bidang properti sebaiknya tidak berupa rumah tinggal, tetapi yang lebih produktif misalnya ruko, kost-an atau perkantoran.

Nah apakah Sobat sudah mantap untuk mulai investasi? 
Jika ya, jangan terburu-buru dan cermati kembali tips di atas. 
Semoga investasi Sobat menghasilkan dan aman...
Salam sukses sehat semangat !
------------------------------------------
Baca juga :

Subscribe to receive free email updates:

close