44T

44T

Sekilas Kompetensi Pribadi




Jika Sobat ingin sukses dalam karir, maka Sobat harus memiliki kompetensi pribadi. Selama ini mungkin Sobat membayangkan bahwa kompetensi adalah kemampuan dan keahlian dalam bekerja. Apakah cukup hanya itu? 
Ternyata tidak ! 
Kompetensi, dalam hal ini kompetensi pribadi, memiliki cakupan yang lebih luas dari sekedar mampu dan ahli dalam bekerja.
Apa aja sih yang dimaksud dengan kompetensi pribadi itu?

Nach bagi Sobat yang mau tau, coba simak beberapa hal yang termasuk kompetensi pribadi berikut ini :


Personal Attitude
Personal attitude adalah bagaimana sikap Sobat dalam dunia dan lingkungan kerja. Dan bagaimana Sobat membawa diri di lingkungan kerja yang notabene berbeda dengan lingkungan kampus ataupun rumah. Sikap yang dimaksud disini tentu saja adalah sikap yang mencerminkan profesionalisme. Bisa menghargai dan menghormati rekan-rekan kerja dan bos, disiplin dan taat pada peraturan, loyal pada perusahaan termasuk dalam personal attitude Sobat. Karena percuma juga jika Sobat memiliki keahlian yang oke tetapi tidak ditunjang oleh personal attitude yang baik. Berarti karir Sobat bisa-bisa akan terhambat !

Personal Skills
Keahlian Sobat di bidang tertentu tentu saja sangat menunjang karir Sobat. Ini adalah dasar bagi suksesnya sebuah karir. Karena bagaimana karir Sobat bisa maju jika Sobat tidak punya keahlian sama sekali? Untuk itu pelihara dan asah terus keahlian Sobat. Jika Sobat ahli di bidang akuntansi, komputasi atau ahli dalam public speaking maka kembangkan keahlian Sobat itu. Ingat loh keahlian yang Sobat miliki tidak akan ada pengaruhnya bagi karir Sobat jika tidak Sobat kembangkan. Maka jangan sia-siakan keahlian yang sudah Sobat miliki.

Personal Knowledge
Pengetahuan merupakan hal yang tak kalah penting bagi suksesnya karir Sobat atau siapapun. Pengetahuan yang dimaksud disini, selain pengetahuan khusus tentang bidang kerja Sobat, Sobat juga perlu mempelajari bidang lain untuk melengkapinya. Misalnya walau Sobat ahli di bidang akuntansi tetapi Sobat tetap memerlukan pengetahuan di bidang teknologi. Karena ini menunjang kelancaran karir Sobat bukan? Toh jaman sekarang, bidang apapun yang Sobat geluti, selalu berkaitan dengan teknologi. Sobat perlu menggunakan komputer, internet dan lain-lain. Selain itu Sobat pun perlu membekali diri dengan pengetahuan umum lainnya. Untuk itu, sempatkan diri Sobat untuk membaca berita dan informasi terhangat. Sobat bisa menyimaknya lewat surat kabar, televisi, radio dan internet.

Personal Experience
Pengalaman yang Sobat miliki akan menambah kompetensi Sobat. Untuk tetap eksis di dunia kerja, pengalaman memegang peranan penting. Ingat nggak ungkapan yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang paling baik... 
Ungkapan ini sepenuhnya adalah benar. Setiap pengalaman yang Sobat dapatkan akan menambah kemampuan dan kualitas diri Sobat dalam mengaktualisasikan diri di dunia kerja. Tentu saja ini akan menambah benefit Sobat kan?
Apalagi dalam beberapa bidang pekerjaan, atasan cenderung memprioritaskan orang yang sudah punya pengalaman untuk menempati posisi jabatan tertentu ! 

Personal Responsibility
Apapun alasannya, Sobat harus memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan Sobat. Ini menyangkut kredibilitas Sobat di mata atasan dan rekan-rekan. Dengan tanggung jawab yang tinggi, Sobat dapat menyelesaikan tugas apapun dengan baik. Maka tanamkan tanggung jawab mulai dari diri Sobat sendiri. Bukankah orang yang maju selalu bertanggung jawab terhadap apa yang telah dikerjakannya?

Ingat Sobat, semua hal tersebut saling menunjang dan mempengaruhi... 
So, jika Sobat ingin sukses milikilah kompetensi tersebut dan bersiaplah untuk menjadi pribadi pilihan dalam berkarir…

Salam sukses sehat semangat !!!


Subscribe to receive free email updates:

close