44T

44T

Rencanakan Karir Dari Sekarang !

Setiap orang pasti pernah bermimpi memiliki karir yang sukses.
Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa mewujudkan mimpi indah itu… karena dalam meniti karir selalu saja ada hambatan yang mesti dilalui.
Meski demikian, bukan berarti Sobat tidak bisa mencapai puncak karir loh...

Paling tidak, banyak hal yang harus Sobat persiapkan dalam meniti karir, agar karir Sobat sesuai harapan. Semua itu memerlukan perencanaan yang serius dan matang, sejak Sobat masih duduk di bangku sekolah hingga Sobat berada dalam karir tersebut.
Di bawah ini adalah sejumlah saran dalam merencanakan karir :

Pilihan pekerjaan
Tak dapat dipungkiri, tujuan Sobat bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan. 
Namun hendaknya bekerja juga dijadikan ajang untuk mengaktualisasikan kemampuan, minat dan bakat. Karena itu, dalam merancang karir, Sobat harus memperhatikan pilihan pekerjaan. 
Dalam hal ini Sobat tidak bisa main-main, Sobat membutuhkan kesungguhan. Usahakan memilih jenis pekerjaan sesuai latar belakang pendidikan, minat, bakat, kemampuan dan keahlian. 
Dengan demikian, Sobat dapat bekerja secara maksimal dan berpeluang besar untuk sukses meraih jabatan yang tentunya akan diikuti kesuksesan materi.

Kerja keras
Tidak ada kesuksesan yang bisa diraih tanpa kerja keras. Tapi sampai detik ini banyak orang yang ingin meraih kesuksesan dengan jalan pintas. 
Mereka ingin langsung berada di puncak karir tanpa perlu bersusah payah. Padahal sesungguhnya sukses tidak pernah bisa diraih dengan seketika. 
Sobat harus melalui serangkaian proses untuk mencapai sebuah kesuksesan dan dalam proses tersebut Sobat harus bekerja keras.
Ingat, jangan hanya melihat seseorang ketika sedang sukses saja. Tapi coba lihat, bagaimana cara dia agar bisa mencapai sukses. 
Lagipula jika kesuksesan yang Sobat raih merupakan hasil kerja keras Sobat, Sobat akan menjadi sosok yang kuat mental, tangguh dan tahan banting.

Konsistensi
Jika Sobat ingin meraih karir sampai di puncak sebaiknya Sobat konsisten dalam memilih karir. Misalnya, sekali Sobat memilih bekerja di bidang pemasaran maka pertahankan pilihan ini. Sehingga Sobat dapat terus mendaki karir sampai ke puncak. 
Jika Sobat selalu berganti-ganti profesi, maka kesempatan Sobat untuk sampai di puncak jelas terhambat. Jika suatu saat Sobat merasa jenuh, Sobat bisa saja mempelajari bidang lain namun jadikan bidang lain itu sebagai pelengkap atau penambah keahlian Sobat yang sudah ada. Siapa tau bisa membantu peningkatan karir Sobat.

Pengembangan diri
Pengembangan diri pribadi juga merupakan hal yang sangat penting dalam meniti karir. Jangan biarkan keahlian atau ketrampilan Sobat stagnan karena tidak pernah Sobat asah dan tingkatkan. 
Maka usahakanlah untuk selalu menambah pengetahuan, baik dalam soal pekerjaan maupun pengetahuan lainnya. Misalnya jika profesi Sobat sebagai sekretaris, Sobat perlu menambah pengetahuan manajemen surat menyurat atau yang berhubungan dengan tugas sekretaris. Sobat yang berkarir di bank perlu mengetahui informasi pasar uang, trend bursa saham, penanaman modal, anggaran keuangan, dll.
Pendek kata, dalam bidang apapun Sobat bekerja, pengembangan diri mutlak perlu.
Jangan pernah merasa puas dengan ketrampilan atau pengetahuan yang Sobat miliki.

So, Sobat yang tengah bersiap-siap memasuki dunia kerja, rencanakan karir Sobat dengan matang. Wujudkan mimpi dan khayalan indah Sobat untuk mencapai puncak karir. 
Bagi Sobat yang sudah memasuki dunia kerja, tingkatkan terus kompetensi, komitmen dan konsistensi, sehingga apa yang menjadi cita-cita Sobat bukan cuma mimpi belaka. 

Salam sukses sehat semangat…
---------------------------------------------
By : Dwi Hadi Atmaka
Dirangkum dari berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates:

close