44T

44T

Cara Sederhana Atasi Sakit Kepala

Sakit kepala adalah penyakit yang sangat umum dirasakan oleh setiap orang.
Penyebab sakit kepala sangatlah beragam, antara lain :
Perubahan Cuaca
Cuaca menjadi pemicu utama muncul sakit kepala2. Walaupun tak setiap jenis cuaca menimbulkan sakit kepala, namun ketika cuaca berubah panas, perubahan tingkat kelembaban dan tekanan udara dapat mengubah zat kimiawi dalam otak, yang kemudian memicu sakit kepala.
Memang tak mungkin mengubah cuaca, namun kita mungkin mempersiapkan diri terhadap serangan sakit kepala.
Stres
Sekitar 75% orang menyalahkan stres sebagai penyebab serangan nyeri kepala. 
Akan tetapi sakit kepala hadir justru setelah masa stres berakhir. Penyebabnya adalah hormon yang tengah aktif untuk melawan stres tiba-tiba turun, yang kemudian memicu saluran darah membesar dan bereaksi, kemudian memicu sakit kepala.
Stres juga dapat menyebabkan ketegangan di area leher, bahu, dan otot kepala.
Hal ini lebih lanjut mempengaruhi postur dan makin parah jika penderita dalam posisi duduk di depan komputer terlalu lama dan jarang melakukan pekerjaan fisik.
Sering memicing saat membaca juga dapat menimbulkan ketegangan otot kepala. Semua itu hal-hal yang memicu sakit kepala akibat stress.
Perubahan Hormon
Jika Anda seorang wanita, maka Anda sudah tak asing akan hormon yang dapat memicu sakit kepala, terutama hormon yang muncul pada masa menstruasi.
Hal ini dapat disebabkan oleh  turunnya tingkat estrogen saat menstruasi yang dapat memicu munculnya sakit kepala.
Kafein yang berlebihan
Mengkonsumsi terlalu banyak minuman tertentu seperti teh, kopi atau alkohol dapat memicu hadirnya sakit kepala. Batasi asupan teh dan kopi dalam satu hari dan perbanykanya mengkonsumsi air putih. Dehidrasi merupakan salah satu sebab timbulnya sakit kepala.
Terlambat makan
Pemicu lain adalah terlambat makan. Terlambat makan membuat tingkat gula darah menurun, yang kemudian mendorong sakit kepala.
Kurang tidur
Kurang tidur juga memicu sakit kepala. Ikuti pola tidur yang berimbang : tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, lebih kurang 8 jam per hari.
Postur malas
Postur badan yang malas-malasan dan menekuk akan meningkatkan tekanan di punggung dan leher, yang dapat menjadi penyebab sakit kepala akibat ketegangan.
Hindari posisi tubuh yang sama dalam waktu lama dan berlatihlah duduk dengan tegak dan punggung yang lurus.

Sakit kepala tidak memiliki jangka waktu tertentu, bisa berlangsung dalam hitungan menit, sekitar satu jam atau bahkan selama beberapa hari dan bisa muncul secara tiba-tiba atau perlahan-lahan.
Meskipun penyebab sakit kepala tidak dapat digeneralisir, namun secara umum sakit kepala bisa dikelompokkan berdasarkan penyebabnya, yaitu sakit kepala yang tidak terkait dengan penyakit lain atau disebut dengan sakit kepala primer (alami) dan sakit kepala yang diakibatkan oleh penyakit lain atau disebut juga sakit kepala sekunder.

Redakan Sakit Kepala Dengan Cara Ini...
Nach untuk sakit kepala alami, ada cara mudah yang dapat Sobat praktekkan nich…
Caranya dengan memanfaatkan fungsi dua lubang hidung yang kita miliki.
Tahukah Sobat kalo masing-masing lubang hidung kita memiliki fungsi yang berbeda?
Ini dia bedanya Sobat… lubang hidung sebelah kanan berfungsi “mengeluarkan panas” sedangkan lubang hidung sebelah kiri berfungsi “mengeluarkan dingin”.
- Jika Sobat menderita sakit kepala, cobalah terapi dengan menutup lubang hidung sebelah kanan dan bernafas melalui hidung sebelah kiri.
Lakukan hal tersebut selama lebih kurang 5 menit. 
Insya Allah sakit kepala Sobat akan berkurang dan berangsur sembuh. Kalau masih terasa sakit, maka lakukan secara berulang.
- Jika Sobat merasa kondisi badan kurang fit atau kelelahan, maka lakukan sebaliknya. Tutup lubang hidung sebelah kiri dan bernafaslah melalui hidung sebelah kanan. 
Insya Allah, Sobat akan merasa segar dan lebih bugari.

Apakah Sobat pernah memperhatikan kondisi saat bangun tidur... lubang hidung Sobat sebelah mana yang bernafas lebih cepat? 
Sebelah kiri atau kanan ? 
Jika lubang hidung sebelah kiri bernafas lebih cepat, Sobat pasti akan merasa lelah di saat bangun tidur. 
Solusinya : tutup lubang hidung sebelah kiri dan gunakan lubang hidung sebelah kanan untuk bernafas, maka Sobat akan merasa segar kembali dengan cepat.

Selain terapi seperti tersebut diatas, ada beberapa hal yang dapat membantu mencegah sakit kepala, antara lain : istirahat yang cukup, mengelola stres dengan baik, pola makan yang sehat dan teratur serta rutin berolahraga.
Selain itu, tentu saja Sobat juga harus mencari tahu apa yang menjadi pemicu sakit kepala yang sering dialami dan berusaha untuk menghindarinya.
Semoga bermanfaat yaa Sobat... 

---------------------------------------------
Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah SWT untuk kesembuhan dari segala macam penyakit.

Subscribe to receive free email updates:

close